JAMBORE RANTING 2015, KWARTIR RANTING SUKMAJAYA DEPOK

PIN JAMRAN

Kepanduan atau Pramuka adalah suatu medan gerak untuk anak atau peserta didik , oleh mereka dibawah pimpinan mereka sendiri, tempat kaka mereka ( Pembina ) memberikan kepada adik-adiknya suasana yang sehat dan menganjurkan agar mereka melakukan kegiatan – kegiatan yang sehat, positif dan produktif yang akan membantu mereka dalam mengembangkan fungsi kewarganegaraan. Daya tarik yang kuat mengenal alam di lingkungan hidup.

Pembinaan perseorangan ( melalui kelompok kecil ) lebih penting dari pada pembinaan missal, dalam hal perbaikan intelegensia, kekuatan jasmani dan karakter. Dalam pramuka bukan isi pelajaran yang terpenting guna melahirkan sesuatu secara benar, melainkan menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang benar. Hal ini Nampak jelas dalam cara kerja regu dan pasukan penggalang. Baik untuk bekerja sama mencapai suatu tujuan. Di situlahtampak latihan berdemokrasi, bahkan itulah demokrasi Pancasila dalam prakteknya.

Dewasa ini ada sebuah kenyataan yang teramat pahit atau mungkin juga sebuah cobaan dan tantangan yang teramat berat, ketika semakin banyak jumlah remaja penyandang masalah social. Mereka terjebak dalam perilaku yang menyimpang dan telah turut dan menghabakan dirinya kepada tata nilai asing. Mereka adalah saudara –saudara kita, yang berpotensi untuk menimbulkan berbagai problema social di masyarakat. Disamping itu secara internal terdapat pula ketidak siapan mental dan rohani pada sebagian remaja , sehingga mereka gagal untuk mempertahankan diri dari pengaruh negative yang menyesatkan.

Gerakan Pramuka dituntut menciptakanpesona nya sendiri, sehingga orang-orang muda lebih tertarik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki, melalui wadah kepramukaan dengan kegiatan yang kreatif , edukatif, inovatif dan penuh tantangan yang di sesuaikan dengan kondisi masyarakat kita.

Maka Gerakan Pramuka sangat merindukan eksistensi para anggota dewasanya dalam membina , mengembangkan organisasi secara sukarela , dan terus menerus. Gerakan Pramuka sangat mendambakan sebuah organisasi yang mapan, semakin strategis, semakin antisipasi terhadap berbagai kendala, sehingga perjalannannya mulus, lancar dan sukses . Gerakan pramuka sangat menginginkan tertibnya program pendidikan atau pelatihan baik bagi anak didik maupun anggota dewasanya sehingga prosesnya lancar, tuntas dan berkualitas. Gerakan pramuka sangat mengharapkan bisa mandiri dengan dana atau fasilitas yang sangat memadai. Salah satu program Kwartir Ranting Sukmajaya dalam meningkatkan eksistensi tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan Jambore Kwartir Ranting Sukmajaya Tahun 2015.

data 2015 195 data 2015 542 data 2015 231 data 2015 180 data 2015 268 data 2015 146 data 2015 190 data 2015 103

 

%d blogger menyukai ini: