Menghindari Penyakit Lupa Ingatan

Terkadang seseorang sering mengalami penurunan daya ingat. Apalagi jika orang itu dibentengi oleh kegiatan yang sangat padat. Kelelahan seseorang di tengah aktifitasnya ternyata dapat mempengaruhi kinerja daya otak. Oleh karena itu banyak orang yang berusaha untuk mengoptimalkan kinerja otak mereka dengan berolahraga ataupun mengkonsumsi berbagai multivitamin yang dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Ada 3 hal yang mempengaruhi daya ingat seseorang, antara lain :

1. Pengaruh Fisik

Olahraga secara teratur, dapat meningkatkan daya ingat, kreatifitas dan mood seseorang, karena sel otak bisa terangsang untuk terus tumbuh dan berkembang. Selain itu, olahraga juga bisa melancarkan aliran darah ke otak yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak

Pada pertemuan Society For Neuroscience di Montreal dibuktikan bahwa orang yang melakukan jogging secara rutin mampu belajar, bekerja dan mengingat lebih baik daripada orang yang tidak melakukan jogging.

Bagi yang tidak menyukai olahraga atau tidak memiliki waktu yang banyak, sempatkan saja berjalan kaki selama 20 – 30 menit untuk membantu meningkatkan kemampuan otak.

Teknik relaksasi dapat membantu meningkatkan kinerja daya otak seperti yoga dan meditasi.

Tidur malam yang cukup juga akan membuat ingatan cukup kuat.

2. Pengaruh Musik

– The Mozart Effect merupakan hasil penelitian mengenai karya musik yang dikomposisikan oleh WOLFGANG AMADEUS MOZART. Penelitian tersebut menyatakan bahwa komposisi musik dari komponis asal Austria ini mampu meningkatkan kinerja otak karena musik klasik memiliki irama yang variatif sehingga cenderung memancing otak untuk bereaksi.

– Penelitian yang dilakukan McGill University di Montreal membuktikan bagaimana rhytim, melody dan harmony dapat meningkatkan daya ingat.

– Lalu bagaimana dengan musik rock, pop atau hip hop? Asalkan iramanya menghentak, bervariasi dan membuat semangat, ternyata juga bisa memicu kerja otak.

3. Pengaruh Nutrisi Makanan

Ikan sangat baik di konsumsi, karena selain mengandung protein, juga kaya akan omega 3. Zat omega 3 berfungsi untuk mempertahankan kesehatan otak dan mengatur aktifitas neurotransmitter ( pengantar rangsangan otak )

Telur mengandung zat kaolin, zat besi, protein, magnesium serta zinc yang kesemuanya berfungsi untuk meningkatkan daya ingat.

Vitamin B kompleks juga berpengaruh terhadap daya ingat. Sumber vitamin B kompleks terdapat kacang – kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai dan buncis

Hindari rokok dan alkohol karena bisa menurunkan daya ingat

Kesulitan menghafal? Coba saja membaca buku sambil mengunyah permen karet, karena rahang bawah mulut yang terus bergerak akan ikut mempengaruhi reaksi otak sehingga memicu kinerja otak lebih cepat, dengan demikian memori otak dapat mengakses informasi dengan baik.

2 Tanggapan to “Menghindari Penyakit Lupa Ingatan”

  1. wah wah wah . ga nyangka dengan mengunyah permen karet kita bisa mudah menghapal . makasih ya tipsnya! ini sangat bermanfaat .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: