Masuk Sekolah Baru …

Ada perubahan mendasar kebijakan pemerintah saat ini dalam pembiayaan lembaga pendidikan negeri. Perubahan pengalokasian dana yang signifikan tertuang dalam kebijakan tersebut, mulai dari prosesi penerimaan siswa baru sampai penyediaan dana untuk peningkatan sarpras di sekolah-sekolah negeri.

Kebutuhan akan sarana fisik penunjang KBM disediakan demi terlaksananya amanat Undang-undang dan tuntutan peningkatan layanan terhadap peserta didik yang notabene merupakan tunas-tunas bangsa yang kelak akan mengelola republik ini.

Tapi ironisnya masih saja di sekitar kita ada sekelompok masyarakat yang tidak dapat masuk ke dalam sistem pendidikan hanya karena mereka tidak lolos seleksi dan bahkan ada yang terang-terangan melakukan seleksi ekonomi. Apakah jangkauan kebijakan pemerintah tidak menyentuh lembaga-lembaga pendidikan seperti ini? atau lembaga-lembaga ini tidak tahu bahwa pemerintah sudah menyediakan dana untuk operasional sekolahnya (negeri)? Atau dana dari pemerintah dianggap masih kurang? Atau dana yang dialokasikan sengaja “disimpangkan” untuk kepentingan selain pendidikan ?

Kalau proses prekrutannya saja sudah diwarnai oleh berbagai ketidakjelasan dan penyimpangan, bagaimana proses KBM-nya ? dan bagaimana hasilnya kelak ?

Ironis memang, kalau dana yang digelontorkan oleh pemerintah untuk kepentingan pendidikan yang luas hanya dinikmati oleh segelintir anak bangsa saja.

Ketika seorang anak bangsa ikhlas masuk ke dalam sistem pendidikan yang dirancang dan selalu diperbarui oleh para pakar serta dilaksanakan dengan ikhlas pula oleh para tenaga pendidik seyogyanya tidak dipersulit prosesnya oleh siapapun, karena kelak merekalah yang akan memikul tanggungjawab keberlangsungan bangsa dan negara ini.

Sudah saatnya kita menyadari dengan sesadar-sadarnya bahwa kita semua memiliki masa yang dibatasi oleh usia, fana, dan suatu saat peran kita akan digantikan oleh mereka… maka mudahkanlah mereka melangkah ke sekolah barunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: