BAGAIMANA MENGHENTIKAN KEBIASAAN BURUK GURU saat DI MUKA KELAS

Tahukah anda bahwa banyak guru memiliki kebiasaan jelek ketika sedang berdiri di depan kelas (ketika bercerita di depan anak-anak)?

Kebiasaan apa misalnya?

Pernahkan anda melihat guru yang terus menerus menggosok-gosokkan ke dua telapak tangannya ketika ia di depan kelas? Atau guru yang berkali-kali menggaruk-garuk kepalanya padahal tidak ada kutu dalam ram­butnya? atau guru perempuan yang berkali-kali memegang kalungnya sambil memainkan jari-jarinya di sana? atau seorang guru laki-laki yang setiap menit memegang hidungnya atau menarik celana- nya ke atas? Ini adalah tanda-tanda bahwa guru tsb. sedang tegang atau nervous. Bagai­mana menolong mereka meng­hi­langkan kebiasaan- kebia­saannya yang jelek tsb.?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menolongnya:

Pertama, harus ditegur. Sebagai teman sepelayanan anda perlu mene­gurnya dengan lemah lembut. Kadang ia sendiri tidak sadar bahwa ia mem­punyai kebiasaan jelek tsb.

Kedua, bersama-sama mencari tahu apa yang menyebabkan ke­biasaannya tsb. Misalnya, jika ke­biasaan itu disebabkan karena te­gang/takut; karena belum mem­per­siapkan pelajaran yang harus dia­jarkan, maka cara pen­yem­buh­annnya mudah, jangan biar­kan dia bercerita/mengajar di de­pan kelas bila ia tidak siap. Tapi bisa juga karena sebab lain.

Ketiga, jika kebiasaan itu sudah menjadi penyakit yang menganggu di kelas, maka anda perlu men­dis­kusikan dengan dia untuk mencari cara bagaimana menghentikan ke­biasaan tsb. (bila perlu harus dengan pertolongan anda).

Misalnya:

1. Jika kebiasaan tsb. ada hubungannya dengan suara (selalu mengawali setiap kalimatnya dengan, “e…e…”), maka mungkin anda perlu merekamnya dan minta dia untuk mendengarkan suaranya sendiri.

2. Jika kebiasaan tsb. ada hubungannya dengan tangannya, maka cara terbaik adalah dengan meminta dia untuk memegang Alkitab dengan kedua belah tangannya ketika ia ada di depan kelas, sehingga tidak ada kesempatan bagi tangannya untuk melakukan hal-hal lain.

3. Jika kebiasaan tsb. ada hubungannya dengan kakinya (ber­jalan mondar mandir tanpa tujuan) maka taruhlah meja kecil dimana ia harus berdiri di depan kelas. Mintalah dia untuk tidak menjauhkan diri dari meja tsb. sebelum pelajaran selesai.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: