ASTRONOMI

Siapa Bilang Astronomi itu Sulit?

Banyak orang yang bertanya, saya memiliki minat di bidang astronomi, tetapi dari mana saya mau mulai? Sebetulnya, menggemari astronomi itu tidaklah sulit. Kenapa tidak sulit? Memangnya untuk menggemari astronomi membutuhkan teleskop? Atau pengetahuan yang ‘wah’? Jawabannya adalah tidak! Untuk menggemari astronomi hanya dibutuhkan beberapa hal sederhana. Yang pertama adalah: Langit malam yang cerah dan penuh gemintang. Kedua: Tentu saja mata untuk memandangi dan menikmati keindahan langit. Dan ketiga: Sedikit saja pengetahuan tentang benda apa yang ada di langit, dan kalau memang belum tahu, peta langit tentu bisa membantu.

Tentu saja, ini bukanlah teori yang sulit untuk diterapkan. Tidak percaya? Dalam suatu kesempatan, penulis sempat berjalan-jalan ke daerah yang terpencil, jauh di Pulau Biak, ujung paling timur-laut Indonesia. Karena tidak berkaitan dengan astronomi, tentulah penulis tidak membawa peta langit ataupun perangkat komputer yang bisa menampilkan peta langit malam untuk lokasi tersebut. Tetapi, syarat pertama telah terpenuhi, yaitu: langit yang cerah! Karena itu, tidak ada ruginya penulis mengamati bintang. Nah, menjelang Matahari terbenam, penulis berjalan-jalan ke pantai. Kenapa ke pantai? Ya tentu saja untuk menikmati Matahari terbenam. Kebetulan, pada saat itu Bulan sedang dalam fase baru, sehingga seandainya memungkinkan, penulis bisa mengamat kondisi yang seperti hilal. Dan demikianlah!

Langit sedang bersahabat, dan dengan berbekal kamera DSLR, maka gambar (serupa) hilal diperoleh! Tidak hanya itu, ketika malam datang, langit begitu cerah, sehingga beberapa obyek teramati secara kasatmata! Jadi dengan sedikit saja pengetahuan, sebutlah, yang mana rasi Orion? Yang mana Taurus? Lalu kalau tahu mereka ada di mana, apa yang istimewa di sana? Paling mudah dan paling menarik tentu saja Pleiades di Taurus. Bila langit sedang cerah, maka kita akan beruntung menemukannya. Sedikit saja bergeser dari situ, ke arah Orion, maka kita akan bisa menemukan nebula Orion. Semakin kita mengetahui objek-objek menarik yang ada di langit, maka semakin banyak yang kita ketahui dan kita nikmati. Oleh karena itu, jangan takut, astronomi itu sebetulnya mudah dan menyenangkan, seperti yang terlihat pada foto-foto berikut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: